Sabtu, 28 Juli 2012

Pertunjukan Musik


A.     Teknik Vokal dan Ansambel Musik
1.      Teknik Vokal
Vokal adalah alat music yang paling murah sekaligus paling mahal di dunia. Latihan-latihan intensif diperlukan untuk memperoleh teknik vocal yang prima.
a.      Membiasakan diri dengan pernapasan yang benar
Pernapasan yang benar adalah pernapasan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat-alat pernapasan secara tepat. Ada 3 jenis pernapasan yang digunakan dalam bernyanyi, yaitu:
1.      Pernapasan diafragma
2.      Pernapasan dada
3.      Pernapasan bahu
Dari ketiga jenis pernapasan, pernapasan diafragmalah yang paling baik digunakan [ada waktu bernyanyi.
b.      Berlatihlah membentuk suara yang lentur
Untuk menghindari pita suara menjadi tegang dan kaku, maka setiap latihan menyanyi harus diawali dengan pemanasan yaitu latihan yang membantu pita suara menjadi luwes dan ringan.
c.      Berlatih membentuk vocal yang baik
Vokal yang baik dihasilkan oleh alat-alat ucap terlatih baik.

2.      Penyajian Musik
Musik dapat disajikan dalam tiga bentuk, yaitu:
a.      Penyajian vokalia
Penyajian vokalia adalah penyajian musik vokal tanpa iringan alat-alat musik.
b.      Penyajian instrumentalia
Penyajian instrumentalia adalah penyajian musik dengan hanya menggunakan alat-alat musik sebagaimana dalam bentuk orkestrasi musik.
c.      Penyajian vokalia-instrumentalia
Penyajian musik vokal dengan diiringi peralatan musik.

Berdasarkan jumlah alat musik, penyajian musik terdiri atas:
a.      Penyajian musik tunggal dinamakan sebagai solo.
b.      Penyajian musik dengan jumlah pemain terbatas yang terdiri dari dua orang (duet), tiga orang (trio), empat orang (kuartet), lima orang (kuintet).
c.      Penyajian musik dengan jumlah lebih dari enam orang (biasanya delapan sampai sepuluh orang) biasanya terdapat pada bentuk vokal group, baik dengan iringan alat musik maupun tanpa alat musik.
d.      Penyajian musik yang berjumlah lebih dari dua puluh orang dinamakan orkestrasi.
e.      Jika yang ditampilkan adalah alat-alat musik gitar ditambah dengan alat perkusi maka kelompok sajian tersebut dinamakan band.

3.      Paduan Suara dan Vokal Group
Paduan suara dan group vokal adalah kelompok musik yang mengutamakan keindahan vokal manusia dalam pengungkapan ekspresinya. Alat musik yang digunakan untuk iringan paduan suara biasanya hanya satu buah saja. Paduan suara (koor) merupakan kesatuan dari sejumlah penyanyi dari beberapa jenis suara yang berbeda dan memadukannya di bawah pimpinan seorang dirigen. Dirigen/conductor adalah seorang yang pekerjaannya memimpin sekelompok pemain musik baik musik vokal, instrumen atau gabungan antara vokal dan instrumen.
Jenis kelompok paduan suara:
a.      Kelompok paduan suara sejenis wanita yang terdiri atas dua jenis suara. Komposisi kelompok penyanyi dalam paduan suara sejenis wanita biasanya SSA (sopran, sopran, dan alto atau sopran, mezosopran, dan alto). Ada kalanya sebuah kelompok paduan suara wanita sejenis memiliki komposisi penyanyi SSAA.
b.      Paduan suara sejenis pria dengan komposisi TTB (tenor, tenor, bas) atau TBB (tenor, bariton, bas).
c.      Paduan suara campuran untuk tiga suara yang biasanya berpola SAT (sopran, alto, tenor) atau SAB (sopran, alto, bariton/bas).
d.      Paduan suara lengkap yang biasanya berpola SATB (sopran, alto, tenor, bas).
Berbeda dengan kelompok paduan suara yang demikian formal,, group vokal memiliki komposisi penyanyi yang lebih terbuka dan bebas. Hal ini dimungkinkan karena jumlah kelompok vokal seperti ini tidak pernah mencapai puluhan orang.

4.      Ansambel Musik
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ansambel memiliki arti kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain secara tetap. Jadi, memainkan musik ansambel berarti memainkan alat-alat musik yang bermacam-macam secara bersama-sama dengan atau tanpa disertai penyanyi.
Ciri-ciri musik ansambel, yaitu:
a.   Jenis alat musik yang dimainkan terbatas, misalnya alat-alat tiup saja, alat gesek saja, alat-alat musik petik saja, atau gabungan antara beberapa jenis alat musik.
b.      Dimainkan dalam ruang tertutup dengan jumlah penikmat terbatas.
c.      Dalam stu kelompok musik ansambel, pemainnya bermain secara tetap.
d.      Lagu-lagu atau komposisi yang dimainkan pada umumnya pendek, meskipun hal ini tidak mengikat.
Dengan kata lain, sebuah musik ansambel adalah orkestrasi sederhana.

5.      Menyanyikan Lagu-lagu Populer
Sebuah penampilan tunggal, khususnya musik vokal memerlukan komposisi yang sesuai dengan kemampuan dan karakter suara yang dimiliki oleh penyanyi. Ketidaksesuaian komposisi musik dengan karakter penyanyi akan menyebabkan lagu tersebut kurang berhasil dinyanyikan.
Meskipun demikian, seorang penyanyi professional akan berusaha menyanyikan semua lagu yang dipercayakan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar